ICANN Blogs

Read ICANN Blogs to stay informed of the latest policymaking activities, regional events, and more.

ICANN dan Mitra Lokalnya Kembangkan Pengetahuan Teknis DNS di Indonesia

8 February 2024
By

Pelatihan teknis DNS ketiga di Jakarta pada 12 Desember 2023.
Pelatihan teknis DNS ketiga di Jakarta pada 12 Desember 2023.

ICANN bersama dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sukses menggelar program Pelatihan Teknis Domain Name System (DNS) 2023 di Jakarta, Indonesia. ICANN akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra lokalnya agar bisa meluaskan jangkauannya dalam menyelenggarakan pelatihan teknis tiga seri ini di seluruh Indonesia pada 2024.

Dalam rangka membangun kapasitas Indonesia di bidang DNS, DNS Security Extensions (DNSSEC), dan ancaman keamanan DNS, kami akan menggelar acara serupa di kota-kota lainnya, seperti Medan dan Surabaya. Di sesi pelatihan yang akan datang, kami akan menggandeng lebih banyak trainer lokal Indonesia.

Pada 2023 lalu, ICANN menggelar satu sesi virtual pada 2 Mei, dan beberapa sesi darat lainnya di Jakarta pada tanggal 6-7 Juni dan 12 Desember. Total sebanyak 174 peserta tercatat aktif mengikuti acara tersebut. Mereka adalah wakil dari para stakeholder seperti lembaga pemerintahan, komunitas teknis, perusahaan DNS (registry dan registrar), pengusaha, akademisi, dan pengguna akhir.

Program di tahun 2023 ini menampilkan beberapa trainer ICANN dari tim Keterlibatan Teknis serta beberapa trainer lokal Indonesia PANDI, Pusat Informasi Jaringan Indonesia APJII, dan satu trainer dari Asia Pacific Network Information Centre (APNIC). Selain presentasi, program tersebut juga menggelar diskusi interaktif dan pelatihan teknis di mana peserta bisa mencoba konfigurasi DNSSEC melalui mesin virtual ICANN.

Kami berharap bisa mengembangkan kolaborasi ini guna meningkatkan pengetahuan teknis seputar DNS di seluruh Indonesia!

Authors

Yien Chyn Tan

Stakeholder Engagement Sr. Manager, APAC